Cegah Kanker Serviks

11:56 AM Mustika Irianti 5 Comments


Kanker serviks atau kanker leher rahim sudah menjadi pembunuh No.1 yang menyebabkan kematian pada wanita. http://www.emocutez.com

dalam iklan layanan masyarakat disebutkan


setiap 1 jam 1 orang wanita meninggal gara-gara kanker serviks

Sampai sekarang, belum diketahui penyebab pasti dari kanker serviks. Namun terdapat kaitan yang cukup erat antara kanker serviks dengan infeksi HPV (Human Papilloma Virus). Makanya sampai saat ini vaksinasi HPV merupakan salah satu upaya mencegah kanker serviks (mulut rahim).

untuk mengetahui Gejala dari kanker
ini adalah melalui test Pap Smear yang dapat menunjukkan gejala awal kondisi pra-kanker berupa sel-sel abnormal serviks. Walaupun seringkali kanker serviks tidak menimbulkan gejala apa pun, tapi perlu diwaspadai bila sel-sel abnormal tersebut berkembang menjadi kanker serviks dengan munculnya gejala-gejala berikut ini di mana anda harus segera menghubungi dokter. Waspadalah bila anda mengalami pendarahan vagina yang tidak normal, seperti misalnya anda tiba-tiba mengalami pendarahan di antara periode menstruasi rutin, mengalami menstruasi yang lebih lama dan lebih banyak dari biasanya, serta anda mengalami pendarahan setelah berhubungan seksual atau menjalani pemeriksaan panggul. · Rasa sakit saat anda berhubungan seksual bisa menjadi satu gejala yang sebaiknya anda tindak lanjuti

Hubungan antara HVP dengan kanker serviks:

  • HPV menyebar melalui hubungan seksual dan semua orang beresiko terinfeksi.
  • Mereka yang berhubungan seksual pada usia di bawah 20 tahun atau sering berganti pasangan seksual rawan terinfeksi HPV.
  • Setiap wanita memiliki resiko terinfeksi HPV walaupun tetap setia pada satu pasangan saja. Bila pasangan tersebut terinfeksi, dia akan menjadi sumber infeksi HPV bagi wanita lainnya.



Pencegahan :
· Rutinlah melakukan test Pap Smear yang dapat mendeteksi adanya sel abnormal pada serviks sedini mungkin.
· Kanker serviks dapat dicegah dengan pemberian vaksin anti HPV yang mamp

u memberikan perlindungan terhadap HPV resiko tinggi (tipe 16 dan 18) penyebab utama kanker serviks
· Vaksin anti HPV ini juga mampu memberikan perlindungan terhadap HPV resiko rendah (tipe 6 dan 11) penyebab genital warts atau kutil di daerah kelamin.

Fact about cancer serviks

·
Per tahun, tercatat sekitar 500.000 wanita menderita kanker serviks. Lebih dari 250.00 dari angka tersebut akhirnya meninggal dunia.
· Kanker serviks termasuk kanker nomor 2 di dunia yang serin
g menyebabkan kematian pada wanita.
· Wanita usia 35 – 55 tahun rawan menderita kanker serviks, tapi dapat pula penyakit ini muncul pada wanita dengan usia yang lebih muda.
· Infeksi HPV sering menyerang wanita usia 18 – 28 tahun.
Pedulilah terhadap kanker ini sedini mungkin, penaganan yang dini akan mengurangi tingkat kematian...Care about life,,its mean care about another life,,,




5 comments:

  1. begitu banyak bebanmu perempuan... salut kepada perempuan2 di bumi untuk kekuatan2 yang mereka miliki

    ReplyDelete
  2. Yup...jd sangilah wanita disekeliling mu..ehhehehe

    ReplyDelete
  3. Untung udah di cover ama asuransi kantor untuk pap smear.

    ReplyDelete
  4. @armouris
    thanks 4 info hehheheh

    @Raffaell
    hehhehe tp ttp ajah musti jaga-jaga...
    hehehhe

    ReplyDelete

Followers