Monday, October 29, 2018

Hello My Mood Swing

Image result for mood swing pregnancy


Pernahkah kamu bangun tidur dengan perasaan campur aduk, acak-acakan, pengen marah-marah, pengen nangis, pengen ngamuk, badmood, dan perasaan negatif lainnya? Kebayangkan sehariannya bakal kayak gimana?

Ini yang saya rasakan beberapa hari belakangan, bangun tidur dengan perasaan pengen nonjok orang, pengen nangis, dan seabreg perasaan negatif lainnya. Hamil sekarang ini, rasanya lebih berat, entah ini perasaan saya saja, atau memang dari segi emosi terlalu terkuras jadi lebih cepet capek.

Semua serba sepele, tapi hal sepele itu bisa bikin saya jumpalitan. Sesuatu yang bikin sedih dikit aja bisa bikin saya nangis sejadi-jadinya, situ nyenggol saya, saya bisa sakit hati banget dan berasa dendam keubun-ubun, pengen marah-marah mulu.



Saya juga jadi banyak sebel sama suami, gak mau deket-deket, dia nonton tv deket saya aja saya "hush..hush-in", rasanya saya pengen jadi kepompong ajalah, biar gak ketemu banyak orang, ngulet sendirian. Males bersosialisasi sama orang, bawaanya emosi soalnya atau lebih parah, percaya diri saya menurun drastis.
kebayangkan, kl saya jadi kepompong gini, belom apa-apa pohonnya udah tumbang duluan hue
Ada banyak hal yang terjadi dikehamilan ke-4 ini, tapi yang pasti, saya lebih merasa terkuras secara emosi. Menjaga emosi tetap stabil didepan kedua anak saya sangat sulit, mereka juga sangat membutuhkan saya, tapi saya bawaanya pengen tiduran dan gak bisa diajak ngobrol.
DON'T DISTURB

Saya percaya hamil keempat ini gabungan dari hamil ke-1 dan 3, soalnya pas hamil pertama juga saya jadi unsos, hamil ke-3 lebih emosional dan manja. Cuma, gimana saya mau dimanja, orang dideketin suami aja udah risih duluan hahha. Dan ini beberapa perubahan yang saya rasakan kehamilan ke-4 ini,

1. Genre tontonan berubah

Saat hamil anak pertama tontonan saya adalah Dexter, yang belum tahu Dexter itu merupakan serial TV tentang kebutuhan dalam membunuh orang, ups!

Image result for dexter gif

Saya juga nonton TWD, wrong turn, the collector, pokoknya film mutilasi, bunuh-bunuhan. Tapi, hamil kedua, saya malah takut buat nonton film kayak gini, takut nonton film horor.

Nah, hamil ke-3, mood nonton sama sekali gak muncul. Hamil sekarang? Saya kembali mengandrungi film bunuh-bunuhan tadi + film horor, padahal selama ini, saya penakut dan gak mau nonton film horor, apalagi sering ditinggal dirumah sendirian sama anak-anak di rumah.

2. Ngidam semua hal yang dilarang

Iya, ngidam saya kali ini beneran berat, karena saya ngidam makanan yang dilarang. Mulai dari pengen sashimi, seafood, sampe pengen nyemilin lalapan mentah sama sambel dan Kopi. Tetiba setiap bangun tidur saya pengen ngopi, padahal setelah ngopi udah pasti muntah.
Astagfirullah, ada apa dengan saya :(

3. Mudah Nangis
Ini hal yang paling saya benci, saya gampang banget nangis, kesel dikit nangis, kesenggol dikit nangis, apa-apa nangis. Dan, saya sebel kenapa jadi cengeng banget sih, takutnya tar anaknya malah jadi cengeng. 
Kebukti, pas hamil kedua, saya lebih ceria, hobi treak-treak di kantor bikin anak kedua saya lebih ceria dan cerewet, nah apa jadinya anak ini kelak klo dr hamil udah cengeng banget emaknya.

4. Fotogenik memudar
HAHAHA ini nyebelin sih, gak bisa difoto sama skali, tiap difoto hasilnya pasti busuk, entah karena Tangerang panas, entah hati yang panas, tiap difoto ya jelek aja gitu (meski aslinya juga gitu sih hahha)
5. Merasa Terasing dan terbuang

Iya, saya merasa insecure, takut ditinggal orang - orang yang saya sayang. Padahal, kenyataannya gak gitu juga sih. Tapi, saya ngerasa selalu sendirian.

Ada perasaan terbuang dan terasing, entah karena saya baru pindah ketempat baru, atau karena hal lain, tapi ini cukup membuat saya selalu merasa sendiri.


HEY, KOK NGELUH SEMUA ISINYA?

Iya nih, hamil sekarang, saya kebanyakan ngeluh, lupa dengan bersyukur. Padahal, di luar sana banyak wanita yang menantikan kehadiaran buah hati, banyak yang lebih parah dari saya, sampai harus masuk RS karena gak bisa masuk makanan. 

Sedangkan saya, saya masih bisa makan, meski tengah jalan harus mampir dulu ke kamar mandi, dan memaksakan diri untuk melanjutkan makan. Saya, masih dikelilingi orang-orang yang sayang sama saya. 

Ada banyak hal kecil yang saya lupakan untuk bersyukur, saya terlalu fokus pada penderitaan ke kehamilan ini, padahal ada banyak kenikmatan yang Tuhan kasih buat saya. Tapi, saya lupa berterima kasih, saya lupa bersyukur. Saya lebih banyak mengeluh. 

Saya lupa untuk tersenyum, saya lupa berterima kasih atas kesabaran kedua anak saya, dan saya yakin, ini saatnya saya bangkit.

Saya tidak mau kalah dengan perasaan menyiksa ini, karena saya sudah pernah ada diposisi seperti ini sebelumnya bahkan lebih parah.

Saya harus lebih kuat, lebih berserah, dan mulai menata kembali hari-hari dari perasaan negatif semua ini. Karena sebagai seorang Ibu, menjadi lemah bukanlah sebuah pilihan.

Untuk semua ibu diluar sana, salam peluk dar saya.

Tangerang, 29 Oct 2018















1 comment:

  1. Ya mba namanya juga hamil, orang haid aja jd mood swing, apalagi hamil, sesama perempuan aku ngerti dirimu

    ReplyDelete