Mithologi Yunani sampe Anti Virus



Penemu pesawat terbang Orville Wright dan Wilbur Wright bukanlah orang yang pertama bermimpi untuk bisa terbang, pernah mendengar Icarus? sebuah sejarah Mithologi Yunani.

Icarus adalah seorang anak yang dijebloskan kedalam penjara di pulau Kreta bersama ayahnya Daedalus oleh raja Minos, mimpi itu datang ketika ia memutar otak bagaimana caranya keluar dari penjara tersebut. Maka ia memutar otak bersama ayahnya mencoba berbagai cara untuk terbang. akhirnya sang ayah memiliki ide, Sang Ayah membuatkannya sayap. Bulu-bulu garuda pun dihimpun dan ditata, dan akhirnya sepasang suwiwi besar pun jadi, direkatkan dengan lilin ke tubuh si anak.


Daedalus, adalah seorang ayah biasa yang hidup di dunianya, Dunia penuh pertimbangan, kekhawatiran, normatif dan penuh curiga serta ketakutan. Ayah ikrus juga seperti para orang lainya, ia sadar sang anak tak bisa terbang, karena hanya burung yang memiliki sepasang sayap, ia pernah mengalami fase yang dialami sang anak; ketika dunia adalah batas pikir dari ruang yang disaksikanya, masa itu adalah ”gelora kebebasan”, namun Ayahnya juga sadar meredam impian seorang anak muda adalah sebuah pembunuhan masa depan, pembantaian nalar sekaligus penghancuran satu generasi. Berkat kesadaran itu, ia mengambil langkah yang begitu kontras dengan membuatkan sepasang sayap dari lilin bagi ikarus sembari ber ujar ”terbang dan kejar impianmu”! maka sang ayah berpesan : jangan terbang terlalu tinggi karena matahari akan melelehkan lilin di sayapmu; juga jangan terlalu rendah karena gelombang akan melengketkan kapas-kapas itu.

Bersama Ayahnya Ikarus berangkat ke puncak Gunung yang tinggi, kaki ikarus bergetar ketakutan melihat ketinggian, ia takut akan terjatuh, Ikarus muda sadar impian itu begitu berat dan penuh resiko. Sang Ayah tahu ikarus bimbang, cemas dan mulai ragu pada keinginannya, namun ia juga sadar ”bahwa impian penuh resiko adalah proses menjadi dewasa”. Maka dengan bijak ia berkata pada ikarus ”kalau engkau pernah punya harapan, jangan membunuhnya karena resiko yang belum tentu berbahaya”.
Maka ikarus meluncur dari puncak gunung, ia merasakan terbang di angkasa, melihat para petani yang sedang sibuk bekerja disawah, mengambil jarak dari dunia walau sejenak, dan akhirnya seperti dugaan semua orang ikarus akhirnya terjatuh ditengah pematang!
Ikarus terbang makin tinggi. Ia mengabaikan pesan Daedalus, ayahnya sendiri: jangan terbang terlalu tinggi karena matahari akan melelehkan lilin di sayapmu; juga jangan terlalu rendah karena gelombang akan melengketkan kapas-kapas itu. Dan Ikarus terbang makin tinggi hingga panas itu melumat sayapnya. Ia jatuh dari langit menembus samudra dan mati di dasarnya. Tapi orang mengingat Ikarus sebagai anak muda yang cergas dan tak gampang menyerah. Orang akan mengingat anak muda dari Kreta itu jika merayakan ide mula-mula manusia bisa terbang.

Nah, pada tahun 1555
Brueghel Yang Tua melukis adegan itu. Dalam Lanskap dengan Kejatuhan Ikarus, perupa termasyhur Belanda abad ke-16 itu tak memaparkan sebuah kecelakaan yang menyedihkan ataupun sebuah peristiwa yang dramatik.
di lukisan itu terlihat ada petani yang dengan santainya menggarap ladanganya, penggembala dengan seriusnya menggiring ternaknya, dan kapal tetap berlayar seperti biasa dan tidak ada yang aneh..padahal ikarus baru saja jatuh terjerembab...

Banyak hal yang bisa kita ambil dari kisah icarus ini, jangan menyerah dengan sebuah mimpi, saking terinspirasinya dengan kisah Icarus ini, banyak hal yang akhirnya memakai nama ikarus seperti bis di budapest yang juga di sebut Ikarus..













ikarus pun menjadi salah satu nama antivirus,
terbaik ke-10 setelah Kaspersky

Nama AntiVirus Terdeteksi
Prosentase
WebWasher (gateway product only) 1023742 99,9%
AVK 2008 1022418 99,8%
AntiVir 1020627 99,6%
Avast! 1018204 99,4%
Trend Micro 1009662 98,6%
Symantec 1006849 98,3%
AVG 1005006 98,1%
BitDefender 1003902 98,0%
Kaspersky 1003470 98,0%
Ikarus 1002894 97,9%
Sophos 1001655 97,8%
F-Secure 999806 97,6%
Microsoft 992880 96,9%
F-Prot 986961 96,3%
Panda 979409 95,6%

Comments

  1. kisah yg menarik :). btw, mitologi itu bs ditemukan dimana yah?

    -eka-

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts