Mitos Dan Fakta Ibu Hamil (Part 1)

11:50 PM mustika irianti 4 Comments






Halo Ibu hamil yang ketche,
Saat hamil, banyak banget ya pantangannya? Sabar ya, cuman 9 bulan kok, abis itu? Muncul pantangan baru hahaha.

Biasanya, orang tua kita atau mertua rajin banget ngasih petuah dan juga larangan gak boleh ini, gak boleh itu. Semua tergantung dari masing-masing ya, namun jangan sampe di bawa stres ya buk, gak bae buat bayiknya. Dibawa happy dan santai ya.


Kadang sering penasaran gak sih, bener gak larangan sih pantangan atau larangan -larangan itu? Satu persatu saya coba bahas ya, hasil referensi dari beberapa sumber. Semoga membantu :)

1. Minum Air Es Membuat Janin Besar.

Sebenarnya minum air es saat hamil tak akan berpengaruh apa-apa, kecuali kamu menambahkan syrup atau gula yang terlalu banyak, Mengonsumsi gula yang terlalu banyak dapat menyebabkan diabetes gestasional dan bayi rata-rata lahir dengan bobot yang lebih besar.
(Sumber: Bidanku)

2. Ibu hamil gak boleh minum kopi.

Sebenarnya, ini boleh aja kok, asalkan kandungan kafeinnya tak lebih dari 200mg. Unutk amannya sih tak lebih dari secangkir kopi instan ya. :)
(Sumber: Alodokter)

3. Ibu hamil gak boleh dekat-dekat dengan kucing.

Yang tidak boleh itu adalah membersihkan kotoran kucing, atau dekat-dekat dengan kotorannya. Karena, dapat menularkan virus tokso yang tentu saja berbahaya buat ibu hamil. (Sumber: idntimes)

4. Ibu hamil gak boleh mengonsumsi makanan pedas.

Katanya, kalo makan yang pedas-pedas, bayinya akan merasa kepanasan dan terbakar. Faktanya, makanan pedas boleh saja di konsumsi asal dalam tahap wajar, jangan terlalu pedas karena akan membuat diare dan tentu saja kamu bisa dehidrasi.

5. Minum air kelapa muda bisa bikin bayi putih bersih.

Air kelapa muda memang bagus untuk air ketuban, karena beberapa kasus banyak lho yang air ketubannya kurang, seperti saya saat hamil pertama :) Tapi, ya kalau warna kulit mah itu karena gen bu.

6. Harus membawa gunting atau benda tajam saat bepergian agar tak diganggu setan.

Hal ini tentu tak bisa dibuktikan secara ilmiah ya, tapi beberapa sih tidak menyarankan karena berpotensi melukai ibu hamil. Namun, ini kembali lagi pada kepercayaan masing-masing. Jika memang percaya, pastikan benda tersebut aman dan tak melukai ibu ya.

7. Membenci seseorang nanti anaknya mirip sama yang di benci.

Duh ini sih serem ya, masa kita benci sama artis misalnya, anaknya jadi mirip artis. Kasian bapaknya atuh, ntar gak di aku :)

Tapi, sedang hamil atau enggak kita juga gak boleh sih benci sama orang berlebihan, mending banyakin berdoa ya buibuk dan mendekatkan diri pada sang Kuasa.

Namun, hal ini kembali lagi pada kepercayaan masing-masing :)


Segitu dulu ya mitos faktanya, ada yang mau menambahkan?











4 comments:

  1. Tapi kayaknya emang ada hukum sebab akibat sih mba, kayaknya bukan sekedar mitos. Kalau kita membunuh binatang, menghina orang, ini kejadian loh di banyak orang wkwk.. nggak mitos kyknya, tp Allah akan membalasnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, klo misalnya membunuh binatang, menghina orang mah jangankan lagi hamil, lagi gak hamilpun kan gak boleh :)

      Delete
  2. Hahahahaha .... Di sini kental banget mitos kaya gitu, tapi anehnya sering kejadian juga. Apalagi yang point terakhir tuh! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha saya setuju, tapi muka bayi kadang berubah2 sih. Kenapa ya? Kayak kita disuruh percaya aja. Apa kepercayaan sedang di uji? Halah,,,haha

      Delete

Followers