4 Aplikasi Pencatat Keuangan

2:18 PM mustika irianti 11 Comments





Kata para konsultan keuangan, mencatat pengeluaran itu PENTING! dan supaya enggak males terus ribet, ini dia 4 aplikasi yang bisa kamu gunakan.
Saya sendiri termasuk malas mencatat, soalnya kadang ribet, hue maafkan.
Salah satu cara supaya saya enggak malas adalah dengan menginstall aplikasi pencatat keuangan yang bisa saya download dari handphone. Dan sepanjang pengalaman saya, ada 4 aplikasi yang recommended untuk majang di handphone. 

Aplikasi mencatat keuangan yang ada di handphone ku
Menurut artikel yang saya baca di sini jika kamu peduli dengan keuanganmu, mulailah mencatat semua pengeluaranmu, agar mudah dikontrol mana saja post yang ternyata pengeluarannya melebihi budget.


Tapi sebagai ibu rumah tangga, hal ini wajib sih, biar bisa mengatur keuangan yang lebih baik lagi. Soalnya jujur saja, saya termasuk istri yang boros dan kurang bisa mengatur keuangan keluarga. Jadi, salah satu resolusi tahun 2017 ini, saya ingin membenahi masalah keuangan ini.


1. Money Lover


Ini aplikasi money management yang sedang naik daun, huehue. Sepertinya sudah banyak sekali yang menginstall dikarenakan yang tampilan yang simple dan juga memang usefull ya.Kamu tinggal mencatat semua pemasukan dan pengeluaran sesuai dengan kategorinya masing-masing, jika kamu membeli versi premium, akan ada juga laporan keuangannya.

Untuk yang free juga fiturnya sudah cukup lengkap, kok. Bahkan kamu bisa menyiapkan finansial goal kamu. Misalnya nabung buat beli smartphone baru. Tinggal set kamu mau mengumpulkan uang berapa. Atau sering lupa kalau ada yang pinjam uang? Gampils ada juga kok fitur untuk mencatat siapa yang pinjam uang.
Atau kamu kredit KPR, kartu kredit dll? Ada juga pengingat dan juga sisa utang yang harus dibayarkan. Simple right?


2. Dompet Sehat


Fungsinya sih hampir sama, namun kelebihannya adalah adanya fitur perencana keuangan, kamu bisa menyiapkan keuangan masa depan seperti Dana pensiun, Dana darurat, Dana Kuliah anak atau buat rencana sendiri. Dan juga bisa untuk memonitor investasi kamu.

3. Household Account Book

Hahaha jangan sebut tika kalau gak ada aplikasi yang lucu-lucu, kiut-kiut. Ini adalah aplikasi yang simple banget, cuman nyatet pemasukan dan pengeluaran saja. Simple dan lucu huheue. 



Ada bonusnya kok, setiap hari kamu akan diberi cerita lucu dan gak penting dari si Household ini. Kenapa gak penting? Iya soalnya cuma satu halaman aja yang isinya cuma gambar si iconnya lagi tiduran, tapi lucu sih.
Diawal, currency nya masih menggunakan Yen, dan kamu bisa ganti dengan mencari opsi other dan gantilah menjadi IDR rupiah. Setelah itu langsung saja masukan pemasukan dan pengeluaran kamu, yang lucunya lagi, semua kategory punya icon-icon yang ngegemesin.


Kan..kan..lucu kan...hhehe..



4. Finansialku



Nah, kalau mau belajar masalah keuangan aplikasi ini cocok banget, semua artikel keuangan ada disni, buat karyawan, entrepreneur, mahasiswa, sampai ibu rumah tangga, ada penjelasan lengkap buat yang mau investasi, dan lain-lain. Nextnya sih bakal ada pencatatan keuangan juga, sekarang untuk yang pencatatan keuangan baru ada di web nya saja di Aplikasi Finansialku.

Serunya adalah, kamu bisa mendapatkan hitungan mengenai berapa dana yang harus dipersiapkan tiap bulannya jika sedang mempersiapkan dana pendidikan, misalnya.
contoh:







Pilih dana pendidikan:


Nah, diisi deh tuh kolom-kolomnya, lalu nanti dia akan menghitung 



dan jawabannya adalah, saya harus berinvestasi minimal Rp772.874 setiap bulan untuk mempersiapkan pendidikan playgroupnya Erson nanti.
Itu itungan bodong ya, dan untuk yang lain bisa juga di itungin haha. Kalau bingung sama investasi apa, dari Finansialku ini juga menyediakan jasa Finansial Planner, lho.


Share dong, aplikasi keuangan apa yang kamu install juga?





11 comments:

  1. Boleh di cobaa Ini maaah.. Makasi banyak mbaa..

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba, btw aku sudah mampir ke webmu ya, ih keren banget sih make upnya hehe

      Delete
  2. semua aplikasi nya ada di app store gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ada, kecuali si Finansialku belum ada app storenya baru ada di android. Tapi kalo finansialku bisa lewat web. :D

      Delete
  3. gyaaa...ada to aplikasi pencatat keuangan...bisa dicoba nih tengkyu mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba, selamat catat mencatat huehue

      Delete
  4. Ya ampun Mbak, kok nemu aja. Apalagi yang nomor 3 itu. Jadi penasaran. TFS yah. Entar pengen nyoba juga ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, halo mba ika, salam kenal. Lumayan mba, hobi ngubek2 play store :p

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Followers